Senin, 11 November 2013

Sleep with Clients, Listen to Their Needs, Wants, and Expectations

            Membina hubungan dibutuhkan pula untuk melakukan riset yaitu untuk mengertahhui kebutuhan, keinginan dan harapan klien yang kemudian dijadikan dasar memberikan pelyanan atau juga merancang iklan yang pas dengan yang diinginkan klien.

Learning Relationship
Kejelian dalam mendengarkan keluhan dan keinginan pelanggan merupakan proses pertama dan terpnting dalam melayani pelanggan. Untuk mengetahui keluhan dari konsumen dibutuhkan pengematan yang intensif, yag dibutuhkan bantuan dari lembaga riset. Bila hubungan antara pengiklan dan konsumen telah terjalin cukup lama, maka keluhan atau keinginan bisa disampaikan melalui komunikasi biasa tampa perlu adanya riset.
            Learning relationship adalah upaya saling belajar antara perusahaan dan pelanggannya yang terwujud karena adanya hubungan jangka panjang yang terjadi antara keduannya. Hubungan ini bukan hanya pihak perusahaan yang mendengarkan dan mempelajari konsumen tetapi konsumen juga melakukan hal yang sama. Jadi hubungan yang terjadi dua arah, saling timbale balik.

Spritual = Timeless
            Learning relationship adalah embrio terbentuknya customer lifetime loyalty. Hal ini memicu terjadinya saling ketergantungan, saling membutuhkan yang akan berujung pada terbentuknya loyalitas. Contoh seperti yang dilakukan oleh perusahaan Dwi Sapta, yang melakukan riset untuk mencari tahu dampak positif sleep with customer dan learning relationship:
1.      Sleep with customer yang diikuti dengan learning relationship memungkinkan Dwi Sapta memahami secara keseluruhan dan mendalam tidak hanya terpaku pada kebutuhan dan harapan klien saja.
2.      Sleep with customer yang diikuti dengan learning relationship memungkinkan Dwi Sapta melibatkan klien dalam proses bisnisnya.
3.      Sleep with customer yang diikuti dengan learning relationship memungkinkan Dwi Sapta mendaptkan kepercayaan. Yang hubungannya dilandasi prinsip kejujuran dan keikhlasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar