Senin, 11 November 2013

Create Intimacy, Build Agency-Client Chemistry

             Dalam membangun hubungan perusahaan dan agen periklan bukan hal yang mudah, tetapi harus bisa dibangun atas dasar persahabatan, kedekatan, keintiman, kecocokan, kejujuran dan saling percaya, keterbukaan, loyalitas serta komitme.

In Search of Solution
Untuk menciptakan keintiman antara agen perikalan dan konsumen, bisa terbentuk jika:
1.      Perusahaan terus mencari cara untuk menemukan solusi bagi harapan dan keinginan pelanggan. Ketika agen periklanan tidak dapat menemukan solusi dari masalah konsumen amaka keintiman sulit terjadi.
2.      Perusahaan membangun hubungan personal dengan pelanggannya. Hubungan yang dilandasi kepercayaan dan keterbukaan yang akan membangun hubungan yang baik antara perusahan dan agen periklanan.
3.      Commitment atau lebih tepatnya over commitment. Dibutuhkan komitmen untuk memperolh kepercayaan dan integrasi dari pelanggan.
Solusi yang bisa ditawarkan untuk membangun hubungan yang baik dan untuk membesarkan suatu produk juga dapat berupa memberikan harga yang sebanding kualitas, kecepatan dan flexibilitas. Karena yang dituju oleh konsumen atau agen perusahaan adalah kesuksesan bersama maka perlu ada efektivitas dan efisiensi yang saling mendukung untuk mencapai kesuksesan bersama.

Be a Friend
            Untuk mebangun hubungan yang intim dengan konsumen juga dapat dilakukan dengan human connection. Pendekatan emosional lebih penting dibandingkan dengan terus menggunakan rasional, pendekatan hubungan akan lebih teras penting dibandingkan dengan transaksional. Hal ini dapat terwujud bila saling mengerti secara baik emosi dan suasana hati. Serta saling berempati artinya mencoba untuk mengerti posisi masing-masing pihak.
            Membangun hubungan tidak dapat dilakukan secara instan atau cepat, perlu waktu untuk mengembangkan suatu hubungan. Ketika hubungan telah brlangsung lama makaakan menumbuhkan bibit-bibit manis kepercayaan. Kepercayaan yang diperoleh dapat menumbuhkan loyalitas atau kesetiaan klien.

Over Commitment
            Untuk dapat mempertahankan konsumen hal tersebut dapat dilakukan dengan salalu menjaga komitmen. Dengan adanya komitmen baru bisa mempertahanan dan menumbuhkan rasa loyalitas. Terlebih bila berada pada posisi agen periklanan baru, harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Komitmen yang diinginkan pelanggan adalah untuk dapat membuat suskses  produk mereka, maka komitmen tersebut harus bisa dan harus dipenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar