Media Iklan


Berbagai Jenis Media Iklan 
1. Media Cetak
Adalah kumpulan berbagai media informasi yang dibuat(diproduksi) dan disampaikan kepada khalayak sasaran(pembaca) melalui tulisan (cetakan) dan sering kali disertai gambar sehigga dapat dilihat dan dibaca.
Informasinya biasa bersifat umum(berita umum) bisa juga khusus (majalah profesi, bulletin keilmuwan, newsletter dan sebagainya)
Karakteristik Media Cetak 
1. Membaca merangsang orang untuk berinteraksi dengan aktif berpikir dan mencerna secara reflektif dan kreatif, sehingga lebih berpeluang membuka dialog dengan pembaca/ masyarakat konsumennya di samping memungkinkan untuk mengulas permasalahan secara lebih mendalam dan  lebih spesifik.

2. Media cetak, baik koran atau majalah relatif lebih jelas siapa masyarakat konsumennya. Sementara media elektronik seringkali sulit mengukur dan mengetahui siapa konsumen mereka. Dengan demikian koran atau majalah lebih mewakili opini kelompok masyarakat tertentu. Target audience-nya lebih jelas. Misalnya Suara Merdeka yang mewakili segmen geografis, yakni Jawa Tengah.

3. Kritik sosial yang disampaikan melalui media cetak akan lebih berbobot atau lebih efektif karena diulas secara lebih mendalam dan bisa menampung sebanyak mungkin opini pengamat serta aspirasi mayarakat.

4. Media cetak lebih bersifat fleksibel, mudah dibawa ke mana-mana, bisa disimpan (dikliping), bisa dibaca kapan saja, tidak terikat waktu dan masih banyak lagi.

5. Dalam hal penyajian iklan, walaupun media cetak dalam banyak hal kalah menarik dan atraktif dibanding media elektronik namun di segi lain bisa disampaikan secara lebih informatif, lengkap dan spesifik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat konsumen.
KORAN
Kelebihan surat kabar sebagai media iklan
a. Market coverage ; surat kabar mampu menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan wilayahnya.

b. Comparison shooping ; surat kabar sering digunakan sebagai bahan acuan atau referensi konsumen dalam membeli barang atau jasa.

c. Positive consumer attitude ; aktualitas informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai acuan pembaca

d. Felxibelity ; lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan.

Kelemahan surat kabar sebagai media iklan
a. Short life span ; meski jangkauannya luas dan massal serta dapat didokumentasikan, pembaca surat kabar hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit hingga 30 menit untuk membacanya serta umumnya hanya sekali saja membacanya. Selain itu usia informasinya hanya 24 jam setelah itu sudah dianggap basi.

b. Clutter ; Jika isi dan tata letaknya kacau akan mempengaruhi pemaknaan dan pemahaman isi pesan iklan oleh pembacanya.

c. Limited coverage of certains group ; beberapa kelompok tertentu tidak bisa dijangkau oleh surat kabar, misal kelompok masyarakat menengah ke bawah atau masyarakat usia di bawah 15 tahun.

d. Products that dont fit ; beberapa produk tidak dapat diiklankan dengan menggunakan surat kabar karena memerlukan demonstrasi atau memerlukan pertimbangan tertentu. Contoh iklan BH atau iklan peralatan olah raga

Tipe-Tipe Periklanan Koran
a.Iklan baris : iklan ini umumnya hanya berisi pesan-pesan komersial yang berhubungan dengan kepentingan pengiklan seperti lowongan kerja, jual beli kendaraan, sewa rumah dan lain-lain. Ukurannya kecil hanya satu kolom namun memiliki kekuatan karena berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari para pembacanya.

b. Iklan display : iklan ini berukuran minimal dua kolom hingga 1 halaman penuh. Iklan display dibedakan antara iklan display lokal ( pengiklan organisasi atau individu) dan iklan display nasional (pengiklan perusahaan multi nasional, intansi nasional)

c. Sisipan Pracetak : iklan-iklan yang tidak dimunculkan pada halaman Koran itu sendiri melainkan dicetak olej pengiklan dan selanjutnya disisipkan didalam Koran sebelum dikirim.


MAJALAH
Kelebihan Majalah sebagai media iklan:
a.       Dapat dinikamti lebih lama (long life span)
b.      Pembacaannya lebih selektif.
c.       Dapat mengemukakan gambar yang menarik (Kualitas Visual).
d.      Khalayak sasaran; salah satu keunggulan majalah jika dibandingkan dengan media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar tertentu yang terspesialisasi.
e.       Penerimaan khalayak; kemampuan mengangkat produk-produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak 

Kekurangan Majalah sebagai media iklan:
a.       Biaya lebih relatif tinggi (mahal).
b.      Fleksibilitasnya rendah (terbatas).
c.       Distribusi, banyak majalah yang peredarannya lambat sehingga hanya menumpuk di rak-rak toko. Ada juga majalah yang tidak memiliki jaringan distribusi yang tepat. Di beberapa daerah tertentu yang daya belinya tinggi namun sulit dijangkau, majalah sering tidak ada.
d.      Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima
e.       Tidak lengkap, isi yang disajikan bisa kurang lengkap dan jelas.


2.      Media Elektronik
Media Elektronik terbagi dua kelompok besar, yaitu:
a.       Media yang hanya bisa didengar(audio), khususnya radio
b.      Media yang selain bisa didengar juga dilihat (audio-visual), khususnya televisi.
Media radio dan televisi membuat sasaran komunikasi tidak perlu aktif.

RADIO
Karakteristik Radio Siaran
a.    Auditori : untuk didengar
b.   Radio is the Now : ditinjau dari nilai aktualitas berita, mestinya radio siaran dibandingkan dengan
       media massa lainnya adalah yang paling aktual.
c.    Imajinatif : Karena hanya indra pendengaran yang digunakan oleh khalayak, dan pesannya pun
       selintas, maka radio siaran dapat mengajak kounikannya untuk berimajinasi.
d.   Akrab : Sifat radio siaran yang lainnya adalah akrab atau intim.
e.    Gaya Percakapan : ”keep it simpe, short, adn conversational”
f.    Menjaga Mobilitas : Kita jarang mendengarkan acara radio siaran dengan cara duduk dan
       mendekatjan telinga pada pesawat radio.

Kelebiahan Radio
a. Cepat dan langsung
Radio merupakan sarana tercepat dalam penyampaian informasi dibandingkan TV atau Koran. Peristiwa yang baru saja terjadi bisa didapatkan dan langsung disampaikan kepada pendengar tanpa proses yang rumit.

b. Akrab
Radio adalah alat yang akrab dengan pemiliknya. Jarang ada sekelompok orang mendengarkan siaran radio di suatu tempat. Biasanya, seseorang mendengar radio di kamar tidur, di dapur, atau di dalam mobil.

c. Dekat
Radio begitu dekat dengan pendengarnya. Penyiar radio menyapa para pendengar secara personal. Sang penyiar seakan berbicara dengan satu orang pendengar, bukan banyak pendengar.

d. Hangat
Paduan kata-kata, lagu, dan efek suara dalam siaran radio begitu terasa hangat dan mampu memengaruhi emosi pendengarnya, memberikan semangat hidup, menghibur dikala sedih dengan lagu-lagu, betrindak seakan ‘teman baik’ bagi pendengar.

e. Tanpa batas
Siaran radio bisa disimak oleh siapa saja, menembus batas-batas geografis, demografis, suku, ras, agama, dan antar golongan, juga kelas sosial. Hanya tunarungu yang tidak mampu menikmati siaran radio.
Kelemahan Radio
a. Selintas
Siaran radio cepat hilang dan gampang dilupakan. Pendengar tidak dapat mengulang apa yang diucapkan sang penyiar radio semudah membalikkan kertas majalah atau Koran.

b. Global
Sajian informasi radio bersifat global, tidak detail. Oleh karena itu, angka-angka pun dibulatkan. Misalkan, ada berita tentang ‘253 orang karyawan pabrik sepatu diPHK secara sepihak’ maka sang penyiar akan mengatakan ‘dua ratus orang lebih karyawan abrik sepatu di PHK secara sepihak’.

c. Batasan Waktu
Waktu siaran radio terbatas, umumnya siaran dibuka mulai pukul 05.00-24.00, maksimal 20 jam bila memungkinkan.

d. Beralur linier
Program acara disajikan dan dinikmati pendengar berdasarkan urutan yang sudah ada. Tidak seperti Koran atau majalah, pembaca bisa langsung kehalaman tengah atau terakhir sesuai yang diinginkan.

e. Mengandung gangguan
Saat mendengarkan program acara radio, pendengar terkadang mengalami gangguan secara teknis. Misalnya, suara yang timbul-tenggelam atau tidak jelas.
Merujuk dari kekurangan dan kelebihan radio seperti sudah dijelaskan di atas maka radio harus dikelola dengan baik agar pendengar bisa mendapatkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan. Kebutuhan tersebut bisa berupa informasi atau hiburan.

Televisi
Karakteristik Televisi
1.   Audiovisual : Televisi memiliki kelebihan yang dapat didengar sekaligus dilihat
2.   Berpikir dalam gambar : dalam penyampaian pesan selalu ditampilkan dengam menggunakan  
      gambar.
3.   Pengoprasian lebih kompleks : melibatkan banyak orang dalam memproduksi suatu acara.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan
1.   Pemirsa: sasaran penonton yang ingin dituju
2.   waktu: acara tertentu memiliki waktu penayangan yang tepat sesuai dengan sasaran
3.   Durasi: lama suatu acara akan diputar atau disajukan kepada penonton
4.   Metode Penyajian: cara penyampaian program kepada penonton

Kelebihan Televisi
a.       Dapat dinikmati oleh siapa saja
b.      Dapat menjangkau daerah yang luas.
c.       Waktu siarannya sudah tertentu
d.      Memiliki daya penyimpanan dan pengaruh yang kuat karena dapat emmberikan kombinasi antara suara dengan gambar yang bergerak
e.       Memudahkan para audiensnya untuk memahami yang diiklankan
f.       Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan membaca seperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup mengerti maknanya.

Kelemahan Televisi
a.       Biaya relative tinggi
b.      Hanya dapat dinikmati sebentar (pesan berlalu sangat cepat)
c.       Khalayak yang selektif (tidak setajam media lainnya kemungkinan menjangkau segmen tidak tepat karena pemborosan geografis)
d.      Kesulitan teknis
e.       Tidak semua tempat dapat dicapai gelombang penyiaran televise
f.       Tidak semua orang memiliki pesawat televise melihat harganya yang relative mahal.

3.      Media Lainnya
Bila Anda berkeliling di kota-kota dimana saja dunia ini, disadari atau tidak, Anda telah menyerap ratusan atau mingkin ribuan pesan iklan, yang terpampang di poster-poster, spanduk, billboard, baliho, selebaran dan sebagainya.
Termasuk Anda sendiri, Benarkah? Pernahkan Anda memakai T-Shirt dengan logo Polo Shirt, bertulisan slogan produk tertentu? Kalau pernah, Anda pun pernah menjadi media iklan.
Media lainnya juga temasuk media yang sangat ramai dipakai belakangan ini, yaitu media online atau media internet. Melakukan periklanan melalui internet atau online telah menjadi bagian dari peiklanan pada zaman sekarang.

Karakteristik media online/internet
a.       Media & komunitas online cenderung bersifat bebas. Bebas kepemilikan, bebas sekat-sekat sosial umum, bebas kepemilikan, bebas dari interfensi otoritas sosial/agama/pemerintah dan sejenisnya, bebas pengguna dan bebas hambatan jarak, ruang dan waktu.
b.      Bebas Kepemilikan. Media dan komunitas online memang dibuat oleh suatu pihak (personal/institusi).
c.       Bebas sekat social. Media dan komunitas tidak mengenal sekat-sekat sosial layaknya media/komunitas di dunia nyata (offline).
d.      Bebas interfensi. Hingga titik tertentu, semua media atau komunitas internet bebas interfensi pihak luar.
e.       Tidak adanya batasan jarak, ruang dan waktu. Artinya informasi tersebut akan bisa menjangkau dan dijangkau oleh siapapun, di manapun, kapanpun.
f.       Anonim. Anonim adalah suatu sifat yang merujuk pada ketidakjelasan/ketidakpastian identitas seserang/suatu pihak.
g.      Aksesibilitas Tinggi. Siapapun Anda, dimanapun berada, kapanpun mau, Anda bisa mengakses informasi yang ada di media atau komunitas apapun di dunia maya.

Kelebihan media online/internet
a.       Berita langsung dapat diterbitkan. Setelah diposting secara otomatis bisa langsung terbit tanpa harus dicetak
b.      Banyak pilihan
c.       Gabungan dari audio, visual, gambar dan tulisan

Kelemahan media online/internet
a.       Untuk mendapatkan berita harus selalu terhubung dengan internet, jadi hanya orang yang mampu untuk browsing yang bisa menikmati media online, atau dari kalangan tertentu.
b.      Biaya relative mahal, karena harus memiliki PC atau laptop dan paling tidak wifi, atau hotspot, atau speedy
c.       Belum meratanya jaringan internet. Apalagi di pedesaan yang jauh dari jaringan internet. Karena biasanya hanya orang perkotaan yang bisa mengakses internet
d.      Kebanyakan isi belum bisa dipertanggungjawabkan. Karena kebanyakan media online tidak ada pengeditan atau filter. Jadi penulis/atau yang memosting berita biasanya dari berbagai macam kalangan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar