Senin, 11 November 2013

Ovale: Maintaning Success in the Hypercompetitive Marke

 Ovale dicitrakan sebagi produk yang kreatif dan inovaif. Terbukti dengan berhasil menarik perhatian konsumen di tengah situasi yang kompetitif.

Sebuah Mimpi dan Kenyataan
            Awalnya terinspirasi dari Filipina, yang membersihkan wajh sekali pakai, langsung hari ini menarik untuk dilakukan riset. Maka Hary Sanusi lulusan sarjana farmasi dan pemiliki ide melakukan riset dan baginya ini merupak mimpi yang harus jadi kenyataan. Ovale masuk ke inovasi di kategori produk yang sudah eksis. Hal ini bukan mudah diwujudkan banyak kendala yang dihadapi, hal ini dapat dimengerti karena banyak yang belum percaya dengan komitmen dan konsep yang ditawarkan dari produk ini. Usaha yang keras tentu akan mebuahkan hasil, maka meluncurlah ovale, kategori produk perawatan pribadi yang diposisikan sebagai facial lotion all in one. Yang lebih membanggakan lagi tidak sampai seminggu beriklan, daya tarinya luar biasa besar.


Ganjalan Distribusi
            Kesuksesan satu produk tidak bergantung pada satu aspek saja, paling tidak ada bauran pemasaran yaitu 4P yang harus dipenuhi (product, price, palce dan promotion). Awalnya sulit mencari distributor yang mau memasarkan Ovale, maka terpaksa meminta tenaga penjualan mebawa botol mock-up. Tentu saja resikonya mereka bekerja asal-asalan, bahwak ada agen yang dari awal telah menolak. Berjalannya waktu membuktikan bahwa produk Ovale dicari oleh masyarakat, ketika mulai ada permintaan maka pedagang akan tetarik untuk memasarkan produk Ovale. Setalah dua bulan berjalan akhirnya Ovale memilik agen distribusi sendiri.

Kekuatan Komunikasi Iklan Perbandingan
            Strategi yang digunakan Ovale dalam beriklan adalah dengan menggunakan strategi perbandingan, yatu membandingan pembersih muka yang membutuhakan dua langkah atau lebih tetapi dengan menggunakan Ovale cukup dengan satu langkah. Ovale berusaha menunjukan kepraktisan, beres dengan singkat dan tidak boros. Dalam iklan juga ditampilkan cara membersihkan wajah yang benar dengan menggunakan Ovale, maka secara tidak langsung dalam iklan juga diberika unsur edeukatif.
            Secara ide iklan Ovale digambarkan secara sederhana dan tidak berlebihan. Karena iklan yang mengesankan adalah iklan yang memiliki visi, mengerti dengan siapa berkomunikasi dan tahu bagaimana seharusnya berkomunikasi. Konsistensi juga dibutuhkan untuk mepertahankan produk Ovale dihari konsumenya, maka Ovale melakukan testimony. Yang sengaja menggarap testimony dari para wanita yang banyak melakukan aktivitas di luar, seperti polwan, penjaga tol, mahasiswa dan ibu-ibu. Hal ini benar-benar dilakukan untuk meminta mereka berbagi pengalaman dari mengunkan Ovale. Hasilnya iklan benar-benar interaktif dan semakin menjangkau konsumen secara luas.

Pasar Pembersih all in One Menggelembung
            Ovale sebagai pelopor dan pendobrak dalam kategori produk ini tidak perlu risau alasannya produk pembersih wajah tetap pembersih wajah, jadi semua pesan nyaris sama. Ovale lebih menekankan tujuann fungsional ketimbang citra. Ovale berbicara sesuatu hal yang nyata, bahakn menunjukan dengan testimonial kepada masyarakat luas. Hal yang perlu dilakukan Ovale adalah yakin dan focus terhadap apa yang sudah dimiliki ditangan dan kembangkan sesuai dengan kemampuan.

Menjadi Payung Produk Perawatan Wajah
            Ovale juga dirancang untuk perawatan wajah. Ovale juga terus melakukan inovasi seperti ada sekitar enam varian baru yang dipasarkan. Hal ini dilakukan mengikuti keinginan dan kebutuhan konsumen. Keinginan dan kebutuhan konsumen berbeda-beda tetapi ada satu hal yang mendasar yang mereka cari yaitu kebersihan wajah yang membuat mereka cantik. Posotioning yang sudah tercipta dibenak konsumen harus tetap dipertahankan, karena mempertahankan akan lebih sulit, apalagi muncul kompetitor yang semakin banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar