Senin, 11 November 2013

Fatigon: use Constemer Insight Smartly, All Start from Eyes


Melakukan kesalahan merupakan hal yang wajar, itu akan menjadi sebuah pengalaman, dari pengalaman itu harus dijadikan bekal agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Sebagai pendatang baru tentu buak hal mudah terlebih ketika sudaj ada pemain-pemain lama yang sudah mapan.

Membangun Diferensiasi
            Sulit untuk Fatigon memasuki bisnis multivitamin, karena puluhan produk menawarkan fungsi dan manfaat yang sama: membantu mempertahankan daya tahan dan stamina tubuh. Kebanykan mreka berlomba-lomba untuk menonjolkan kelebihan komposisi dan nilai tambah yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen. Hal ini sama dengan yang dilakukan oleh Fatigon yaitu menampilkan kelebihan dalam segi komposisi: kandungan kalium aspartat dan magnesium aspartat, yang kedua senyawa kimia itu berfungsi untuk menguraikan asam laktat. Penumpukan asam laktat dapat menyebabkan otot-otot menjadi kaku. Namun iklan pertama dari Fatigon secara komunikasi ternyata belum mengena, dan mencuri perhatian masyarakat.


Berkah Krisi Moneter
            Krisis menyebabkan semua anggran harus serba hemat dan efisien, namum untuk Fatigon adanya kebijakan anggaran justru membuatnya kreatif. Fatigon tidak berhenti promosi, kendati sedang terjadi krisis moneter. Yang awalnya iklan biasa dilakukan melalu televisi, kali ini dengan adanya krisis dilakukan melalui raio-radio di daerah-daerah. Iklan dibuat dengan bahasa Jawa yang ternyata justru menancap kuat di banak konsumen dan memperoleh recall yang tinggi. Karena krisis mebuat media peiklanan menjadi sepi, maka kesempatan inilah yang diambil Fatigon untuk beriklan. Fatigon terus menjalin komunikasi dengan konsumen secara selektif dan focus. Maka bagi Fatigon krisis merupakan berkah, berkah karena mau berpikir positif dan bertidak positif.

Ikon Itu Bernama Ari Wibowo
            Fatigon merupakan pemain baru yang berani untuk memunculkan eksperimen atas ide-ide yang sangat kreatif. Hal ini dibukatikan setelah malalui masa kirsis maka Fatigon menggunkan actor Ari Wibowo. Alasannya memilih Ari Wibowo adalah dia actor yang sedang menanjak karirnya (pada saat itu), aktif dan penuh semnagat. Dia juga dikenal memiliki pola hidup yang sahat, rajin berolah raga dan pekerja aktif. Karakteri Ari yang menyatu dengan pesan yang ingin disampaikan Fatigon membuat iklan ini mendapat respon yang baik dari masyrakat. Ari bisa dibilang sebagai pembuka jalan komunikasi Fatigon dengan konsumennya. Karena setelah menggunakan Ari popularitas Fatigon semakin menanjak.

Memperlebar Pasar
            Jati diri telah ditemukan oleh Fatigon karena positioning dan diferensiasi telah berhasil diciptakan. Berbagai iklan mulai dikeluarkan oleh Fatigon. Iklan kolosal nertajuk Bromo yang melibatkan sekitar 300 orang yang secara kolosal mempertontonkan gerakan taekwondo yang dipimpin Ari Wibowa. Hal ini dilakukan untuk semakin menigkatkan citra Fatigon dimata konsumen. Kemudian ada iklan Ari bersama Indy Barends, intinya dari iklan ini ingin menunjukan bahwa Fatigon aman digunakan untuk kaum perempuan pula. Selain itu Fatigon juga melebarkan sayap untu yang usia lebih tua, bila biasanya Fatigon selalu menampilkan sosok artis yang muda, kali ini menunjukan Roy Marten. Yang ingin pula menyampaikan pesan secara tidak langsung bahwa Fatigon juga aman untuk usia yang lebih tua.

Ekstensifikasi: Fatigon Spirit
            Keberhasilan Fatigon dapat mengalahan pesaing-pesaingnya bukan hal yang sederhana, banyak hal yang telah dilakukan, Namu keberhasilan tersebut telah mendatangkan rasa percaya diri untuk Fatigon dengan menciptakan produk yang memiliki keunikan atai difensiasi. Munculah Ekstensifikasi Fatigon dalam Fatigon Spirit, yang ditunjukan untuk menjaga stamina dan memberikan daya tahan yang lebih lama. Hal ini tentu diseusikan dega target dari Fatigon yaitu para anak muda.

Menggunakan Insight Consumer
            Iklan yang ditampilakan Fatigon natural, tidak berlebihan, dan lugas dengan apa yang disampikan. Karena iklan bukanlah katya seni yang bisa dipetik dari kaki langit angan0angan. Iklan harus berangkat dari kenyataan yang sesungguhnya. (Ogilvy). Posisi puncak adalah posisi yang rawan dan penuh tantangan. Sehingga, Fatigon harus selalu siaga penuh menghadapi perlawanan yang pasti tidak akan berhenti sampai kapan pun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar