Senin, 11 November 2013

Adem Sari: Innovate Your Product, educate your Market

Sang Ikan Kecil
            Larutan Cap kaki tiga dan Adam Sari secar umum memiliki fungsi yang saa yaitu untuk menghilangan panas dalam. Namun dalam keadaan pasar Adam Sari dapat menguguli Cap Kaki Tiga, hal ini disebabkan harga Cap Kaki Tiga yang masih teralu mahal karean dikemas dibotol, dan efektivitasnya diragukan konsumen karena ada pandangan bahwa itu hanya merupakan sugesti belaka.
            Adam Sari tampil dengan sebuah inovasi dan menjanjikan. Bentuk minuman dalam serbuk pereda panas dalam, buka larutan dan dalam segi harga juga memilii harga yang cukup terjangkau. Nilai inilah yang kemudian membawa Adam Sari bertarung di pasar pereda panas dalam.

Inovasilah, Lalu Edukasi
   
       
                 Adam Sari tidak sekedar masuk sebagi pemain baru tetapi juga menciptakan kategori baru. Adam Sari memiliki daya tarik tersendiri yang berarti bahwa ia bukan hanya sekedar pengikut belaka. Produk ini memliki jangkauan harga yang lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Hal in terlihat dari tahun pertama produk ini dilucurkan, selama tahun pertama penjualan produk bisa dikatakan aman-aman saja.
            Kemudian dengan perkembangan tahun maka Adam Sari mengeluarkan iklan yang baru, yang iklan yang dinilai provokatif dan controversial. Edukasi yang diberikan kepada konsumen adalah menfaat kesegaran dan menghilangan panas dalam dapat diraih konsumen asalkan mereka mengaduk serbuk yang dilarutkan dalam ait sebanyak 18 kali adukan dan segara diminum. Kurang lebih dengan waktu dua tahun sejak produk meluncur, ikan kecil (Adam Sari) telah menjadi iklan yang lumayan besara dan keberadaannya telah diperhitungkan.

Berbalik Diserang
            Setelah Adam Sari dapat mebukatikan minuman dalam bentuk serbuk ini mendapatkan respon yang baik dari konsumen, maka muncul berbagai merek yang mengikuti jejak Adam Sari. Untuk mempertahankan eksisitensi Adam Sari dari para pesaing yang muncul maka Adam Sari berusaha meperluas saluran distribusnya baik di Pulau jawa maupun di Luat Pulau Jawa. Hasilnya penjulan Adam Sari naik sebsar 30% dibandingkan dengan tahun lalu.

Mengobati Vs. Mencegah
            Dalam iklan Adam Sari semakin mununjukan bahwa produknya berbeda dengan mengobati secara sekaligus, dengan reaksi cepat pula, sejumlah penyakit dapat diatasi seperti sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah, susah buang air besar dan gejala lain akibat panas dalam. Dari iklan ini dapat menahn laju dari para pesaing.
            Iklan-iklan yang ditunjukan Adam saei juga semakin kreatif. Adam Sari rasanya enak, tetapi buka sekedar rasa saja yang ditwarkan, melainkan nilai berupa megobati panas dalam dan akibat timbulnya. Bila pun ada rasa manis dalam Adam Sari itu merupakan rasa manis gula murni plus kesegaran lantaran soda di dalamnya. Perubahan yang dilakukan oleh Adam Sari memamng tidak banyak tetapi hal ini memang dibenarkan oleh buku Building Strong Brand, dalam buku dikatakan bahwa ketika sutu produk telah kuat, maka perubahan tidak perlu dilakukan karena perubahan justru dapat membuat bingung konsumen. Produk ini juga terus melakukan inovasi dengan hadir dalam beberapa rasa. Konsistenti juga ditunjukan oleh Adam Sari dengan tetap focus mempertahankan pasar pereda pana dalam kategori sebuk.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar