Senin, 11 November 2013

Mixagrip: Winning Mind Share Through a “Getting Out of the Crowd” Strategy


Semua obat flu dilihat dari komposisinya, semuanya sama. Tadak ada keunikan dalam penawarannya, tidak ada difenssiasi kalai dilihat dari produknya. Itulah yang harus dihadapi Mixagrip saat mempertahankan pasar ditenga-tengah gempuran pemain yang datang betubi-tubi.
Pasar Mapan nan Sesak
            Titik balik Mixagrip terjadi p di perujungan 1980 an, memanfaatkan regulasi pemerintah yang tak memperbolehkan iklan tetvisi, lalu dengan cerdas dan jeli bermain via jalur radio disamping iklan cetak. Persisnya Mixagrip menjadi sponsor sandiwara radio Misteri Nini Pelet. Promosi yang dilakukan lewat radio, yang tidak dilakukan pemain lain yang membuat awareness Mixagrip meningkat, sehingga penjual juga ikut melesat. Kendati tidak memiliki diferensiasi yang terlampau menonjol, tetapi Mixagrip terus konsisten dengan komposisi dan formulanya. Komposisi yang dipandang ampuh serta patuh pada regulasi yang digariskan pemerintah, tidak lebih dan tidak kurang.

Keluar dari Kerumunan
            Bila satu produk ingin unggul di pasar, terlebih di pasar yang diferensiasi begitu sulit, ia harus memperlihatkan tiga dimensi: konten, inteks dan infrastuktur. Konten menunjukan nilai apa yang diberikan satu produk atau layanan. Konteks merupakan dimensi yang menunjukan pada cara nilai tersebut ditawarkan. Sementara untuk infrasuktur adalah factor pemungkin terealisasikannya diferesnsiasi onten dan konteks. Dimensi terakhir ini menunjukan kemampuan teknologi, kapabilitas sumber daya manusia dan kepemilikan fasilitas untuk mendukung penciptaan diferensiasi kontn serta konteks. 
Pendekatan lewat lagu yang dilakuakn sebagai bentuk diferensiasi terbukti efektif dalam endongkrak awareness dan tingkat penjualan. Iklan Mixagrip tentu tidak lepas dari sosok Desy Ratnasari. Keberhasilan iklan Desy dalam mengangkat penjualn Mixagrip, karena komunikasi di Industri farmasi yang terbilang sulit, kami harus membuat komunikasi yang kreatif, yang benar- benar mengena di hati konsumen, dan membuat sesuatu yang berbeda dari yang lain.

Mempertahankan Kepemimpinan
            Langkah selanjutnya untuk mempertahankan posisi Mixagrip dilakukan dengan menonjolkan manfaat Mixagrip serta kebesaran merek sebagai pemimpin pasar. Dalam iklan yang  baru menunjukan sosok dokter yang menjelaskan penyebab flu, berbagai jenis virus flu dan cara penebarannya. Serta akibat yang ditimbulkan dari flu. Maka dalam iklan yang baru kembali ditonjolkan manfaat sehingga semakin menancap di benak konsumen. Penguasa pangsa pasar selama ini bebrapa tahun merupakan cerminan loyalitas pelangganya. Jelas, suara mereka sudah semestinya didengar dengan sebaik-baiknya. Maka pelayanan untuk kensumen harus tetap menjadi perhatian dan focus utama.

Memaksimalkan Segala Lini
            Iklan obat tidak boleh dilakukan dengan sikap tidak serius atai bermain-main. Yang namanya obat produk kesehtana dan perlu menanamkan kepercayaan kepada konsumen bahwa produk itu save dan berkhasiat. Untuk Mixagrip berbagai jalur komunikasi ditempuh agar konsumenmereasa semuanya terangkul dan dihargai keberadaannya.Hal ini dilakuakn dengan pertimbangan banyaknya muncul pesaing-pesaing yang tidak boleh dianggap ringan oleh Mixagrip, maka semua masyarakat dianggap pasar yang sangat penting untuk dihargai dan dibangun loyalitasnya terhadap produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar