Senin, 11 November 2013

Tolak Angin: Use Smart Celebrity Endorsers

Produk Pinggiran
            Kebanykan usah jamu masih berupa industry rumahan, yang dikelolah secara sederahana. Begitu pula cara melakukan komunikasi dan beriklan, maka memilih bersembunyi dibalik bintang iklan para pelawak yang disukai masyarakat. Denagn penyampaian pesan secara jenaka, produsen jamu berharap bisa menutup kekurangannya. Padahal cara komunikasi yang tidak serius bisa membuat citra jamu menjadi tertinggal karena bisa membuat pengakuan masyarakat terhadap produk jamu makin rendah.

Keluar Lingkaran, Mengubah Paradigma
            Sido Muncul tidak ingin citra jamu semakin terpuruk, sehingga produk-produk yang dilahirkan Sido Muncul harus bisa keluar lingkaran dan tidak berpaku pasa keadaan industry jamu. Kalau tidak ada terobosan maka akan sulit membayangkan indusri jamu dapat berkembang, samapai kapan pun akan selalu dicap masyraat sebagai produk yang sederhana akan selalu mempersempit ruang gerak industry jamu. Untuk mengubah keadaan tersebut maka dibutuhkan untuk merubah paradigm, prosuden harus segara membebaskan diri dari paradigm lama. Caranya dengan melihat apa masalah inti yang dihadapai lalu mundur satu langkah untuk dapat secara akurat mendefinisikan masalah itu. Kemudian, mendefinisikan kemabali bisnis yang digeluti dan membuat visi bisnis yang hendak dijalankan.

Tolah Angin Cair Mendobrak Pakem
            Atas dasar pertibangan teknik, Sido Muncul mengubah bentuk dari bentuk jamu menjadi serbuk. Pertimbangannya serbuk akan lebih higinis. Jamu dengan bentuk lama, tidak akan tahan lama, tidak awet. Jika terkena basah akan mudah ditumbuhi jamur. Bila dapal bentuk serbuk cukup dilrutkan dengan air dan segera dapat diminum. Sido Muncul tidak berhenti dalam melakukan inovasi, setelah melakukan riset kembalai, ternyata dengan bentuk serbuk, ada beberapa konsumen yang merasa tidak nyaman, terutama untuk pertama kali mencobanya, ada peraaaan bahwa jamu memliki rasa yang pahit dan aroma jamu yang sangat tajam. Hal ini baik secara langsung atau tidak langsung menyebabkan sasaran pasar Sido Muncul menajadi lebih sempit.

            Dari riset ini yang mendorong Sido Muncul untuk mengeluarkan produk yang nyaman untuk konsumen. Maka lahirlah Tolak Angin dengan bentuk cair. Dengan ada bentuk acair makan pandangan konsumen tentang jamu pahit meluntur. Maka mulailah melakukan perkenalan Tolak Angin kecair ke berbagai daerah dan hasilnya tidak sampai tiga tahun dari pertama kali lahir, brand awareness Tolak Angin cair sudah tinggi. Baik masyarakat kelangan menengah ke bahwa maupun kalangan menengah ke atas.

Use Smart Celebrity Endorsers
            Pilihan Sophia Latjuba sebagai bintang iklan Tola angin bisa dibilang merupakan langkah yang berani, karena Sido Muncul melepaskan diri dari baying-bayang bintang iklan pelawak. Sehingga ini merupakan peletakan citra baru untuk Tolak Angin. Produk jamu harus dikomunikasikan dengan lantang, tampa malu-malu terutama khasiat dan cara penggunaannya. Produk jamu harus bisa dipercaya, harus bisa meyakinkan orang untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Fungsi endorser mendukung dan mengangkat citra sesuai dengan kebutuhan merek. Ada yang diperlukan untuk asosiasi merek, citra merek, loyalitas merek atau untuk pengenalan merek, semuanya tergantung pada situasi. Endorser harus bisa mendorang mendorang dan mendongkrak penjualan. Kemolekan Sophia tidak boleh hanya sekedar pemanis, tetapi harus menjadi factor pemicu yang menambah value pada konsumen membeli Tolak Angin.

Dari Brand Awareness sampai Brand Loyalty
            Objektif iklan yang igin dibentuk oleh Tolak Angin adalah membentuk persepsi di benak masyrakat bahwa Tolak Angin itu praktis. Lewat testimony mengkomunikasikan bahwa Tolak Angin dibuat dari bahan yang alami dan madu murni serta keunggulan pabrik modern tetap dikomunikasikan untuk mebangun kepercayaan. Iklan testimony jelas bertujuan memperbesar pasar baru atau memperluas pengguna dan meningkatkan citra karena endorsernya dari berbagai kalangan mastarakat. Iklan testimony ini mengukuhkan posisi Tolak Angin sebagai jamu pereda masuk angin yang teratas dibandingkan dengan pesaing-pesaingnta yang jumlahnya semakin meningkat.

Build the Trust and Create the Trust
            Membangun kepercayaan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, alasannya memang tujuan setipa perusahaan adalah untuk memperoleh kepercayaan dari konsumennya. Mudik gratis untuk pedagang jamu gendong merupakan salah satu upaya unuk membangun kepercayaan di masyarakat. Sido Muncul telah memperolah pengharagaan dan kepercayaan dari berbagi institusi terkemuka. Seperti pada tahun 2000 Sido Muncul menerima penghargaan dari Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia karena kepeduliannya pada pemeliharaan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar