Naluri semua produser dan pemsar yang ingin menang
dalam persaingan selalu mengarah pada strategi samudra biru. Terlebih ketika
ingin membangun kategori baru, namun hanya sedikit yang memiliki keberanian
mengembangkan strategi samudra biru secara total dan konsistenmeraik titik
keberhasilan.
Pelopor
Serbuk Minuman Berserat
Sejak awal peluncuran, Vegeta memang telah terlihat menonjol dari segi inovasi
dan strategi komunikasinya. Ini merupakan pengenalan baru untuk taraf local
terhadap minuman dalam bentuk serbuk. Yang meningkatkan penjualan Vegeta adalah
khasiatnya dan fungsinya. Vegeta berasal dari kata “vegetable” (buah-buahan).
Vegeta buakn bersaing dengan perusahaan multivitamin, tetapi ia menawarkan
fungsi baru yaitu memberikan kemudahan pada pencernaan sehingga tidak mudah sembelit.
Vegeta telah berhasil dalam segi segmentasi, target dan positioning. Hal ini
dapat terbukti dengansetiap bulannya sekal produk ini diluncurkan selama
Sembilan bulan mengalami lonjakan permintaan hingga 150%. Hal ini tentu mebuat
pikah pabrik kelabakan dalam memenuhi permintaan pasar, sehinggabelum mencapai
setahun, Vegeta telah mendatangkan mesin-esin baru lagi, untuk memenuhi
kebutuhan pasar.
Kekuatanan
Komunikasi dengan edukasi
Membuat produk Vegeta tetap dapat berhasil hingga sekarang, tentu bukan tampa
usaha, vegeta telah mampu mempertahabkan eksistensinya. Vegeta berhasil
diformulasikan seacara inofatif sesuai dengan kebutuhan pasar. Dalam melakukan
iklan vegeta membuat pesan yang ingin disampaikan mudah dimengetri oleh
konsumen, jangan ada kata kiasan ataupun kalimat yang dapay menimbulakan banyak
interpretasi. Hal ini dilakukan katena kemampuan setiap manusi terbatas dan
terlebih begitu banyak iklan yang diterima masyaraat, maka ketika iklan yag disampaikan
memiliki isi pesan yang simple maka bagi seorang konsumen akan mudah untuk
dipahami dan diingat.
Konsentrasi iklan vegeta bukan untuk mengibur, maka dalam iklan Vegeta harus
edukatif yaitu 95% harus edeukatif dan 5% baru merupakan unsure hiburan. Ketika
iklan Vegeta dibuat dengan menampilkan sosok seorang dokter yang menejelaskan
kepada pasiennya tentang serat dan memberikan solusi dengan mengonsumsi Vegeta,
respon dimasyarakat luar biasa baik, hingga seolah-olah menjadi produk yang wajib
dikonsumsi agar seorang bisa hidup sehat.
Digeroti
Persaingan Tidak Sehat
Masa-masa indah Vegeta
sempat mengalami gangguan ketika ada pihak yang tidak bertanggung jawab
menyebarluaskan isu-isu tidak benar, yang berhubungan dengan efek negative dari
mengonsumsi Vegeta. Tentu Vegeta juga menyadari memang ada peluang terjadinya
hal tersebut. Pelajaran atau penglaman ini dapat membuat vegeta semakin
berhati-hati serta lebih memperhatikan masyarakat. Umumnya masyarakat
memperoleh informasi tidak secara utuh melainkan sepotong-potong, hal ini yang
bisa menimbulkan kesalah pahaman. Serta munculnya kepercayaan dimasyarakat
bahwa dengam mengkonsumsi Vegeta semua penyakit dapat hilang, ini merupakan pandangan
yang tidak tepat.
Melihat fakta ini maka
Vegeta mencoba mengatasinya dengan memberikan iklan yang disertai denga uji
klinis dokter. Yang menggambarkan selain dengan mengkonsumsi Vegeta, perlunya
dijaga pola makan, olahraga dan pola hidup yang sehat. Dalam iklan cukup
dijelaskan secara detail hal ini sengaja dilakukan agar jangan timbul salah
paham antara Vegeta dan konsumen.
Kerja Keras
Pemimpin Pasar
Sebagai pemimpin pasar dibutuhkan kewaspadaan, karena gangguan yang dating
bukan hanya dari luar perusahaan tetapi dari dalam perusahaan juga akan
memeberikan guncangan. Vegeta memang belum menjadi produk yang besar, tetapi
dengan munculnya isu yang tidak benar telah menunjukan bahwa Vegeta ternyata
telah menjadi pusat perhatian.
Secara umum Vegeta tetalh mejadi pemimpin pasar maka Vegeta juga harus
bertindak sebagai pemimpin pasar, yaitu melakukan perubahan dan menentukan
perkembangan industry. Vegeta juga harus melakukan evaluasi dalam gaya
berkomunikasi. Alasannya agar pesan yang disampaikan merupakan berdasarkan
fakta dan tidak disalah artikan oleh konsumen. Kerja keras Vegeta terus
berlanjut dengan selalu memberikan kesadaran menjaga kesehatan jauh lebih baik
dari mengobati sakit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar