Sang Ikan
Kecil
Larutan Cap kaki tiga dan Adam Sari secar umum memiliki fungsi yang saa yaitu
untuk menghilangan panas dalam. Namun dalam keadaan pasar Adam Sari dapat
menguguli Cap Kaki Tiga, hal ini disebabkan harga Cap Kaki Tiga yang masih
teralu mahal karean dikemas dibotol, dan efektivitasnya diragukan konsumen
karena ada pandangan bahwa itu hanya merupakan sugesti belaka.
Adam Sari tampil dengan sebuah inovasi dan menjanjikan. Bentuk minuman dalam serbuk
pereda panas dalam, buka larutan dan dalam segi harga juga memilii harga yang
cukup terjangkau. Nilai inilah yang kemudian membawa Adam Sari bertarung di
pasar pereda panas dalam.
Inovasilah,
Lalu Edukasi
Adam Sari tidak sekedar masuk sebagi pemain baru tetapi juga menciptakan
kategori baru. Adam Sari memiliki daya tarik tersendiri yang berarti bahwa ia
bukan hanya sekedar pengikut belaka. Produk ini memliki jangkauan harga yang
lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Hal in terlihat dari
tahun pertama produk ini dilucurkan, selama tahun pertama penjualan produk bisa
dikatakan aman-aman saja.
Kemudian dengan perkembangan tahun maka Adam Sari mengeluarkan iklan yang baru,
yang iklan yang dinilai provokatif dan controversial. Edukasi yang diberikan
kepada konsumen adalah menfaat kesegaran dan menghilangan panas dalam dapat
diraih konsumen asalkan mereka mengaduk serbuk yang dilarutkan dalam ait
sebanyak 18 kali adukan dan segara diminum. Kurang lebih dengan waktu dua tahun
sejak produk meluncur, ikan kecil (Adam Sari) telah menjadi iklan yang lumayan
besara dan keberadaannya telah diperhitungkan.
Berbalik
Diserang
Setelah Adam Sari dapat mebukatikan minuman dalam bentuk serbuk ini mendapatkan
respon yang baik dari konsumen, maka muncul berbagai merek yang mengikuti jejak
Adam Sari. Untuk mempertahankan eksisitensi Adam Sari dari para pesaing yang
muncul maka Adam Sari berusaha meperluas saluran distribusnya baik di Pulau
jawa maupun di Luat Pulau Jawa. Hasilnya penjulan Adam Sari naik sebsar 30% dibandingkan
dengan tahun lalu.
Mengobati Vs.
Mencegah
Dalam iklan Adam Sari semakin mununjukan bahwa produknya berbeda dengan
mengobati secara sekaligus, dengan reaksi cepat pula, sejumlah penyakit dapat
diatasi seperti sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah, susah buang air
besar dan gejala lain akibat panas dalam. Dari iklan ini dapat menahn laju dari
para pesaing.
Iklan-iklan yang ditunjukan Adam saei juga semakin kreatif. Adam Sari rasanya
enak, tetapi buka sekedar rasa saja yang ditwarkan, melainkan nilai berupa
megobati panas dalam dan akibat timbulnya. Bila pun ada rasa manis dalam Adam
Sari itu merupakan rasa manis gula murni plus kesegaran lantaran soda di
dalamnya. Perubahan yang dilakukan oleh Adam Sari memamng tidak banyak tetapi
hal ini memang dibenarkan oleh buku Building Strong Brand, dalam buku dikatakan
bahwa ketika sutu produk telah kuat, maka perubahan tidak perlu dilakukan
karena perubahan justru dapat membuat bingung konsumen. Produk ini juga terus
melakukan inovasi dengan hadir dalam beberapa rasa. Konsistenti juga ditunjukan
oleh Adam Sari dengan tetap focus mempertahankan pasar pereda pana dalam
kategori sebuk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar