Berbagai Jenis Media Iklan
1. Media Cetak
Adalah
kumpulan berbagai media informasi yang dibuat(diproduksi) dan disampaikan
kepada khalayak sasaran(pembaca) melalui tulisan (cetakan) dan sering kali
disertai gambar sehigga dapat dilihat dan dibaca.
Informasinya
biasa bersifat umum(berita umum) bisa juga khusus (majalah profesi, bulletin
keilmuwan, newsletter dan sebagainya)
Karakteristik
Media Cetak
1. Membaca merangsang
orang untuk berinteraksi dengan aktif berpikir dan mencerna secara
reflektif dan kreatif, sehingga lebih berpeluang membuka dialog dengan
pembaca/ masyarakat konsumennya di samping memungkinkan untuk mengulas
permasalahan secara lebih mendalam dan lebih spesifik.
2. Media cetak, baik koran atau majalah relatif lebih jelas siapa masyarakat konsumennya. Sementara media elektronik seringkali sulit mengukur dan mengetahui siapa konsumen mereka. Dengan demikian koran atau majalah lebih mewakili opini kelompok masyarakat tertentu. Target audience-nya lebih jelas. Misalnya Suara Merdeka yang mewakili segmen geografis, yakni Jawa Tengah.
3. Kritik sosial yang disampaikan melalui media cetak akan lebih berbobot atau lebih efektif karena diulas secara lebih mendalam dan bisa menampung sebanyak mungkin opini pengamat serta aspirasi mayarakat.
4. Media cetak lebih bersifat fleksibel, mudah dibawa ke mana-mana, bisa disimpan (dikliping), bisa dibaca kapan saja, tidak terikat waktu dan masih banyak lagi.
5. Dalam hal penyajian iklan, walaupun media cetak dalam banyak hal kalah menarik dan atraktif dibanding media elektronik namun di segi lain bisa disampaikan secara lebih informatif, lengkap dan spesifik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat konsumen.
2. Media cetak, baik koran atau majalah relatif lebih jelas siapa masyarakat konsumennya. Sementara media elektronik seringkali sulit mengukur dan mengetahui siapa konsumen mereka. Dengan demikian koran atau majalah lebih mewakili opini kelompok masyarakat tertentu. Target audience-nya lebih jelas. Misalnya Suara Merdeka yang mewakili segmen geografis, yakni Jawa Tengah.
3. Kritik sosial yang disampaikan melalui media cetak akan lebih berbobot atau lebih efektif karena diulas secara lebih mendalam dan bisa menampung sebanyak mungkin opini pengamat serta aspirasi mayarakat.
4. Media cetak lebih bersifat fleksibel, mudah dibawa ke mana-mana, bisa disimpan (dikliping), bisa dibaca kapan saja, tidak terikat waktu dan masih banyak lagi.
5. Dalam hal penyajian iklan, walaupun media cetak dalam banyak hal kalah menarik dan atraktif dibanding media elektronik namun di segi lain bisa disampaikan secara lebih informatif, lengkap dan spesifik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat konsumen.
KORAN
Kelebihan surat kabar
sebagai media iklan
a. Market coverage ; surat kabar mampu
menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan wilayahnya.
b. Comparison shooping ; surat kabar sering digunakan sebagai bahan acuan atau referensi konsumen dalam membeli barang atau jasa.
c. Positive consumer attitude ; aktualitas informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai acuan pembaca
d. Felxibelity ; lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan.
Kelemahan
surat kabar sebagai media iklan
a. Short life
span ; meski jangkauannya luas dan massal serta dapat didokumentasikan,
pembaca surat kabar hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit hingga 30 menit
untuk membacanya serta umumnya hanya sekali saja membacanya. Selain itu usia
informasinya hanya 24 jam setelah itu sudah dianggap basi.
b. Clutter ; Jika isi dan tata letaknya kacau akan mempengaruhi pemaknaan dan pemahaman isi pesan iklan oleh pembacanya.
c. Limited coverage of certains group ; beberapa kelompok tertentu tidak bisa dijangkau oleh surat kabar, misal kelompok masyarakat menengah ke bawah atau masyarakat usia di bawah 15 tahun.
d. Products that dont fit ; beberapa produk tidak dapat diiklankan dengan menggunakan surat kabar karena memerlukan demonstrasi atau memerlukan pertimbangan tertentu. Contoh iklan BH atau iklan peralatan olah raga
Tipe-Tipe Periklanan Koran
a.Iklan baris :
iklan ini umumnya hanya berisi pesan-pesan komersial yang berhubungan dengan
kepentingan pengiklan seperti lowongan kerja, jual beli kendaraan, sewa rumah
dan lain-lain. Ukurannya kecil hanya satu kolom namun memiliki kekuatan karena
berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari para pembacanya.
b. Iklan display : iklan ini berukuran minimal dua kolom hingga 1 halaman penuh. Iklan display dibedakan antara iklan display lokal ( pengiklan organisasi atau individu) dan iklan display nasional (pengiklan perusahaan multi nasional, intansi nasional)
c. Sisipan Pracetak : iklan-iklan yang tidak dimunculkan pada halaman Koran itu sendiri melainkan dicetak olej pengiklan dan selanjutnya disisipkan didalam Koran sebelum dikirim.
MAJALAH
Kelebihan
Majalah sebagai media iklan:
a. Dapat dinikamti lebih lama (long life span)
b. Pembacaannya lebih selektif.
c. Dapat mengemukakan gambar yang menarik (Kualitas
Visual).
d. Khalayak sasaran; salah satu keunggulan majalah jika
dibandingkan dengan media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar
tertentu yang terspesialisasi.
e. Penerimaan khalayak; kemampuan mengangkat
produk-produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak
Kekurangan
Majalah sebagai media iklan:
a. Biaya lebih relatif tinggi (mahal).
b. Fleksibilitasnya rendah (terbatas).
c. Distribusi, banyak majalah yang peredarannya lambat
sehingga hanya menumpuk di rak-rak toko. Ada juga majalah yang tidak memiliki
jaringan distribusi yang tepat. Di beberapa daerah tertentu yang daya belinya
tinggi namun sulit dijangkau, majalah sering tidak ada.
d. Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek,
artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima
e. Tidak lengkap, isi yang disajikan bisa kurang
lengkap dan jelas.
2.
Media Elektronik
Media
Elektronik terbagi dua kelompok besar, yaitu:
a. Media
yang hanya bisa didengar(audio), khususnya radio
b. Media
yang selain bisa didengar juga dilihat (audio-visual), khususnya televisi.
Media
radio dan televisi membuat sasaran komunikasi tidak perlu aktif.
RADIO
Karakteristik
Radio Siaran
a. Auditori
: untuk didengar
b. Radio
is the Now : ditinjau dari nilai aktualitas berita, mestinya radio siaran
dibandingkan dengan
media massa lainnya adalah yang paling
aktual.
c. Imajinatif
: Karena hanya indra pendengaran yang digunakan oleh khalayak, dan pesannya pun
selintas, maka radio siaran dapat
mengajak kounikannya untuk berimajinasi.
d. Akrab
: Sifat radio siaran yang lainnya adalah akrab atau intim.
e. Gaya
Percakapan : ”keep it simpe, short, adn conversational”
f. Menjaga
Mobilitas : Kita jarang mendengarkan acara radio siaran dengan cara duduk dan
mendekatjan telinga pada pesawat radio.
Kelebiahan
Radio
a. Cepat dan langsung
Radio merupakan sarana tercepat dalam penyampaian informasi dibandingkan TV atau Koran. Peristiwa yang baru saja terjadi bisa didapatkan dan langsung disampaikan kepada pendengar tanpa proses yang rumit.
b. Akrab
Radio adalah alat yang akrab dengan pemiliknya. Jarang ada sekelompok orang mendengarkan siaran radio di suatu tempat. Biasanya, seseorang mendengar radio di kamar tidur, di dapur, atau di dalam mobil.
c. Dekat
Radio begitu dekat dengan pendengarnya. Penyiar radio menyapa para pendengar secara personal. Sang penyiar seakan berbicara dengan satu orang pendengar, bukan banyak pendengar.
d. Hangat
Paduan kata-kata, lagu, dan efek suara dalam siaran radio begitu terasa hangat dan mampu memengaruhi emosi pendengarnya, memberikan semangat hidup, menghibur dikala sedih dengan lagu-lagu, betrindak seakan ‘teman baik’ bagi pendengar.
e. Tanpa batas
Siaran radio bisa disimak oleh siapa saja, menembus batas-batas geografis, demografis, suku, ras, agama, dan antar golongan, juga kelas sosial. Hanya tunarungu yang tidak mampu menikmati siaran radio.
Kelemahan Radio
a. Selintas
Siaran radio cepat hilang dan gampang dilupakan. Pendengar tidak dapat mengulang apa yang diucapkan sang penyiar radio semudah membalikkan kertas majalah atau Koran.
b. Global
Sajian informasi radio bersifat global, tidak detail. Oleh karena itu, angka-angka pun dibulatkan. Misalkan, ada berita tentang ‘253 orang karyawan pabrik sepatu diPHK secara sepihak’ maka sang penyiar akan mengatakan ‘dua ratus orang lebih karyawan abrik sepatu di PHK secara sepihak’.
c. Batasan Waktu
Waktu siaran radio terbatas, umumnya siaran dibuka mulai pukul 05.00-24.00, maksimal 20 jam bila memungkinkan.
d. Beralur linier
Program acara disajikan dan dinikmati pendengar berdasarkan urutan yang sudah ada. Tidak seperti Koran atau majalah, pembaca bisa langsung kehalaman tengah atau terakhir sesuai yang diinginkan.
e. Mengandung gangguan
Saat mendengarkan program acara radio, pendengar terkadang mengalami gangguan secara teknis. Misalnya, suara yang timbul-tenggelam atau tidak jelas.
Merujuk dari kekurangan dan kelebihan radio seperti sudah dijelaskan di atas maka radio harus dikelola dengan baik agar pendengar bisa mendapatkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan. Kebutuhan tersebut bisa berupa informasi atau hiburan.
a. Cepat dan langsung
Radio merupakan sarana tercepat dalam penyampaian informasi dibandingkan TV atau Koran. Peristiwa yang baru saja terjadi bisa didapatkan dan langsung disampaikan kepada pendengar tanpa proses yang rumit.
b. Akrab
Radio adalah alat yang akrab dengan pemiliknya. Jarang ada sekelompok orang mendengarkan siaran radio di suatu tempat. Biasanya, seseorang mendengar radio di kamar tidur, di dapur, atau di dalam mobil.
c. Dekat
Radio begitu dekat dengan pendengarnya. Penyiar radio menyapa para pendengar secara personal. Sang penyiar seakan berbicara dengan satu orang pendengar, bukan banyak pendengar.
d. Hangat
Paduan kata-kata, lagu, dan efek suara dalam siaran radio begitu terasa hangat dan mampu memengaruhi emosi pendengarnya, memberikan semangat hidup, menghibur dikala sedih dengan lagu-lagu, betrindak seakan ‘teman baik’ bagi pendengar.
e. Tanpa batas
Siaran radio bisa disimak oleh siapa saja, menembus batas-batas geografis, demografis, suku, ras, agama, dan antar golongan, juga kelas sosial. Hanya tunarungu yang tidak mampu menikmati siaran radio.
Kelemahan Radio
a. Selintas
Siaran radio cepat hilang dan gampang dilupakan. Pendengar tidak dapat mengulang apa yang diucapkan sang penyiar radio semudah membalikkan kertas majalah atau Koran.
b. Global
Sajian informasi radio bersifat global, tidak detail. Oleh karena itu, angka-angka pun dibulatkan. Misalkan, ada berita tentang ‘253 orang karyawan pabrik sepatu diPHK secara sepihak’ maka sang penyiar akan mengatakan ‘dua ratus orang lebih karyawan abrik sepatu di PHK secara sepihak’.
c. Batasan Waktu
Waktu siaran radio terbatas, umumnya siaran dibuka mulai pukul 05.00-24.00, maksimal 20 jam bila memungkinkan.
d. Beralur linier
Program acara disajikan dan dinikmati pendengar berdasarkan urutan yang sudah ada. Tidak seperti Koran atau majalah, pembaca bisa langsung kehalaman tengah atau terakhir sesuai yang diinginkan.
e. Mengandung gangguan
Saat mendengarkan program acara radio, pendengar terkadang mengalami gangguan secara teknis. Misalnya, suara yang timbul-tenggelam atau tidak jelas.
Merujuk dari kekurangan dan kelebihan radio seperti sudah dijelaskan di atas maka radio harus dikelola dengan baik agar pendengar bisa mendapatkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan. Kebutuhan tersebut bisa berupa informasi atau hiburan.
Televisi
Karakteristik
Televisi
1. Audiovisual
: Televisi memiliki kelebihan yang dapat didengar sekaligus dilihat
2. Berpikir
dalam gambar : dalam penyampaian pesan selalu ditampilkan dengam
menggunakan
gambar.
3. Pengoprasian
lebih kompleks : melibatkan banyak orang dalam memproduksi suatu acara.
Faktor-faktor yang
perlu diperhatikan
1. Pemirsa:
sasaran penonton yang ingin dituju
2. waktu:
acara tertentu memiliki waktu penayangan yang tepat sesuai dengan sasaran
3. Durasi:
lama suatu acara akan diputar atau disajukan kepada penonton
4. Metode
Penyajian: cara penyampaian program kepada penonton
Kelebihan
Televisi
a.
Dapat dinikmati oleh siapa saja
b.
Dapat menjangkau daerah yang luas.
c.
Waktu siarannya sudah tertentu
d.
Memiliki daya penyimpanan dan pengaruh
yang kuat karena dapat emmberikan kombinasi antara suara dengan gambar yang
bergerak
e.
Memudahkan para audiensnya untuk
memahami yang diiklankan
f.
Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan
membaca seperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup
mengerti maknanya.
Kelemahan
Televisi
a.
Biaya relative tinggi
b.
Hanya dapat dinikmati sebentar (pesan
berlalu sangat cepat)
c.
Khalayak yang selektif (tidak setajam
media lainnya kemungkinan menjangkau segmen tidak tepat karena pemborosan geografis)
d.
Kesulitan teknis
e.
Tidak semua tempat dapat dicapai
gelombang penyiaran televise
f.
Tidak semua orang memiliki pesawat
televise melihat harganya yang relative mahal.
3.
Media Lainnya
Bila
Anda berkeliling di kota-kota dimana saja dunia ini, disadari atau tidak, Anda
telah menyerap ratusan atau mingkin ribuan pesan iklan, yang terpampang di
poster-poster, spanduk, billboard, baliho, selebaran dan sebagainya.
Termasuk
Anda sendiri, Benarkah? Pernahkan Anda memakai T-Shirt dengan logo Polo Shirt,
bertulisan slogan produk tertentu? Kalau pernah, Anda pun pernah menjadi media
iklan.
Media
lainnya juga temasuk media yang sangat ramai dipakai belakangan ini, yaitu
media online atau media internet. Melakukan periklanan melalui internet atau
online telah menjadi bagian dari peiklanan pada zaman sekarang.
Karakteristik
media online/internet
a.
Media & komunitas online cenderung
bersifat bebas. Bebas kepemilikan, bebas sekat-sekat sosial umum, bebas
kepemilikan, bebas dari interfensi otoritas sosial/agama/pemerintah dan sejenisnya,
bebas pengguna dan bebas hambatan jarak, ruang dan waktu.
b.
Bebas Kepemilikan. Media dan komunitas
online memang dibuat oleh suatu pihak (personal/institusi).
c.
Bebas sekat social. Media dan komunitas
tidak mengenal sekat-sekat sosial layaknya media/komunitas di dunia nyata
(offline).
d.
Bebas interfensi. Hingga titik tertentu,
semua media atau komunitas internet bebas interfensi pihak luar.
e.
Tidak adanya batasan jarak, ruang dan
waktu. Artinya informasi tersebut akan bisa menjangkau dan dijangkau oleh siapapun,
di manapun, kapanpun.
f.
Anonim. Anonim adalah suatu sifat yang
merujuk pada ketidakjelasan/ketidakpastian identitas seserang/suatu pihak.
g.
Aksesibilitas Tinggi. Siapapun Anda,
dimanapun berada, kapanpun mau, Anda bisa mengakses informasi yang ada di media
atau komunitas apapun di dunia maya.
Kelebihan
media online/internet
a.
Berita langsung dapat diterbitkan.
Setelah diposting secara otomatis bisa langsung terbit tanpa harus dicetak
b.
Banyak pilihan
c.
Gabungan dari audio, visual, gambar dan
tulisan
Kelemahan
media online/internet
a. Untuk
mendapatkan berita harus selalu terhubung dengan internet, jadi hanya orang
yang mampu untuk browsing yang bisa menikmati media online, atau dari kalangan
tertentu.
b. Biaya
relative mahal, karena harus memiliki PC atau laptop dan paling tidak wifi,
atau hotspot, atau speedy
c. Belum
meratanya jaringan internet. Apalagi di pedesaan yang jauh dari jaringan
internet. Karena biasanya hanya orang perkotaan yang bisa mengakses internet
d. Kebanyakan
isi belum bisa dipertanggungjawabkan. Karena kebanyakan media online tidak ada
pengeditan atau filter. Jadi penulis/atau yang memosting berita biasanya dari
berbagai macam kalangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar