Ovale dicitrakan sebagi produk yang kreatif dan inovaif. Terbukti dengan
berhasil menarik perhatian konsumen di tengah situasi yang kompetitif.
Sebuah Mimpi
dan Kenyataan
Awalnya terinspirasi dari Filipina, yang membersihkan wajh sekali pakai,
langsung hari ini menarik untuk dilakukan riset. Maka Hary Sanusi lulusan
sarjana farmasi dan pemiliki ide melakukan riset dan baginya ini merupak mimpi
yang harus jadi kenyataan. Ovale masuk ke inovasi di kategori produk yang sudah
eksis. Hal ini bukan mudah diwujudkan banyak kendala yang dihadapi, hal ini
dapat dimengerti karena banyak yang belum percaya dengan komitmen dan konsep
yang ditawarkan dari produk ini. Usaha yang keras tentu akan mebuahkan hasil,
maka meluncurlah ovale, kategori produk perawatan pribadi yang diposisikan
sebagai facial lotion all in one. Yang lebih membanggakan lagi tidak sampai
seminggu beriklan, daya tarinya luar biasa besar.
Ganjalan
Distribusi
Kesuksesan satu produk tidak bergantung pada satu aspek saja, paling tidak ada
bauran pemasaran yaitu 4P yang harus dipenuhi (product, price, palce dan
promotion). Awalnya sulit mencari distributor yang mau memasarkan Ovale, maka
terpaksa meminta tenaga penjualan mebawa botol mock-up. Tentu saja resikonya
mereka bekerja asal-asalan, bahwak ada agen yang dari awal telah menolak.
Berjalannya waktu membuktikan bahwa produk Ovale dicari oleh masyarakat, ketika
mulai ada permintaan maka pedagang akan tetarik untuk memasarkan produk Ovale.
Setalah dua bulan berjalan akhirnya Ovale memilik agen distribusi sendiri.
Kekuatan
Komunikasi Iklan Perbandingan
Strategi yang digunakan Ovale dalam beriklan adalah dengan menggunakan strategi
perbandingan, yatu membandingan pembersih muka yang membutuhakan dua langkah
atau lebih tetapi dengan menggunakan Ovale cukup dengan satu langkah. Ovale
berusaha menunjukan kepraktisan, beres dengan singkat dan tidak boros. Dalam
iklan juga ditampilkan cara membersihkan wajah yang benar dengan menggunakan Ovale,
maka secara tidak langsung dalam iklan juga diberika unsur edeukatif.
Secara ide iklan Ovale digambarkan secara sederhana dan tidak berlebihan.
Karena iklan yang mengesankan adalah iklan yang memiliki visi, mengerti dengan
siapa berkomunikasi dan tahu bagaimana seharusnya berkomunikasi. Konsistensi
juga dibutuhkan untuk mepertahankan produk Ovale dihari konsumenya, maka Ovale
melakukan testimony. Yang sengaja menggarap testimony dari para wanita yang
banyak melakukan aktivitas di luar, seperti polwan, penjaga tol, mahasiswa dan
ibu-ibu. Hal ini benar-benar dilakukan untuk meminta mereka berbagi pengalaman
dari mengunkan Ovale. Hasilnya iklan benar-benar interaktif dan semakin
menjangkau konsumen secara luas.
Pasar
Pembersih all in One Menggelembung
Ovale sebagai pelopor dan pendobrak dalam kategori produk ini tidak perlu risau
alasannya produk pembersih wajah tetap pembersih wajah, jadi semua pesan nyaris
sama. Ovale lebih menekankan tujuann fungsional ketimbang citra. Ovale
berbicara sesuatu hal yang nyata, bahakn menunjukan dengan testimonial kepada
masyarakat luas. Hal yang perlu dilakukan Ovale adalah yakin dan focus terhadap
apa yang sudah dimiliki ditangan dan kembangkan sesuai dengan kemampuan.
Menjadi Payung
Produk Perawatan Wajah
Ovale juga dirancang untuk perawatan wajah. Ovale juga terus melakukan inovasi
seperti ada sekitar enam varian baru yang dipasarkan. Hal ini dilakukan
mengikuti keinginan dan kebutuhan konsumen. Keinginan dan kebutuhan konsumen
berbeda-beda tetapi ada satu hal yang mendasar yang mereka cari yaitu
kebersihan wajah yang membuat mereka cantik. Posotioning yang sudah tercipta
dibenak konsumen harus tetap dipertahankan, karena mempertahankan akan lebih
sulit, apalagi muncul kompetitor yang semakin banyak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar