Sari Puspa sama dengan Soffell, awalnya Sari Puspa
merupaka produk yang digunakan untuk menengah kebawah, lalu berganti nam
menjadi Soffell yang berbau asing. Alasan pergantian nama dari Sari Puspa
menjadi Soffell adalah selama ini produk Sari Puspa hanya dijual untuk pasar
dalam negri, sementara untuk penjualan ke luar negri menggunakan nama Soffell.
Setelah melihat Soffell berhasil menjadi market leader di Thailand dan Vietnam,
maka Sari Puspa berganti nama menjadi Soffell, agara memlii nama yang sama
dengan pengguna yang berada di luar negri.
Pergantian
dari Sari Puspa menjadi Soffell bisa dikatakan mulus hal ini terjadi karena
pergantian kemasan yang tidak teralu mencolok. Kemasan tentu mengalami
perubahan tetapi untuk design, bentuk kemasan dan harga relative mirip, hanya
perubahan pada penulisan merek saja. Hal ini tentu disengaja agar para konsumen
tidak merasa bahwa Soffell adalah produk baru, melainkan tetap merasa produk
yang sudah akrab seperti Sari Puspa. Hanya daam kurun waktu dua bulan tingkat
pembelian dari konsumen justru meningkat, yang awalnya diduga pasti akan
mengalami penurunan minat justri berubah menjadi semakin luas yang mengenal
Soffell.
Kategori Baru
Soffell
adalh kategori baru produk obat antinyamuk oles yang pertama di Indonesia,
bahkan mugkin di dunia. Ketika pertama kali diluncurkan Sari Puspa dalam bentuk
gel, tentu ini merupakan keluaran produk baru, karena selama ini yang diketahui
antinyamuk hanya dalam bentuk bakar dan spray. Tetapi Sari Puspa menawarkan
dengan langsung mengoleskan ke kulit konsumen.
Sari Puspa dinamai demikian alasanya
karena ia dibuat dari sari bunga (puspa) Lavender yang diyakini bisa mengusir
nyamuk tampa harus membunuhnya. Namun setelah melakukan riset akhirnya gl
ditinggalkan oleh Sari Puspa, hal ini karena gel lengket sehingga konsumen
merasa tidak nyaman. Sendangkan dari risert ditemukan pula bahwa konsumen
menginginkan sesuatu yang halus, maka Sari Puspa berubah menjadi lotion.
Chrossing the Chasm
Chrossing the Chasm
Soffell
bisa dikatakan merupaka produk yang bisa melompati parit (chrossing the chasm)
dari pasar pemula menjadi pasar utama. Setiap produk memang mengalami sirklus
yang terdiri dari beberapa tahap. Bila produk baru diluncurkan, akan
mendapatkan penerimaan dari masyarakat, kemudian masuk ke pasar pemula dan
selanjutnya memetik hasil di pasar utama. Bila mempu melewati masa kritis dalam
suklus produk maka dipastikan perjalanan produk untuk menguasai pasar akan
masin lempang. Untuk dapat melewati masa yang Kritis maka pasar harus disiapkan
edeukasi oleh perusahaan, sebelum melewati masa tersulit.
Komunikasi Lugas
dan Sederhana
Kata-
kata yang digunakan untuk mengiklankan Soffell jangan dilebih-lebihkan dan juga
jangan dikurang-kurangkan. Seperti Soffell yang menggunakan Lavender sebagai
daya tarik dalam melakukan komunikasi dengan konsumen. Secara sederhana iklan
bukan sekedar hanya menarik perhatian atau merebut perhatian khalak, tetapi
untuk mendapatkan penghargaan dari konsumen. Soffell dalam melakukan
pengiklanan menjelaskan mengenai formula yag terkandung didalam Soffell dan
daya tahan yang mencapai delapan jam, maka ini merupakan komunukasi yang lugas
dan sederhana.
Edukasi dan
Edukasi
Komunikasi
yang di lakukan Soffell adalah memiliki tujuan untuk memberikan edeukasi pasar,
bukan sekedar hanya memberikan informasi. Sebagai pemimpin pasar, ialah
seharusnya yang paling tahu target pasarnya dan paling tahu cara mengembangkan
target pasarnya. Oleh karena itu, proses edeukasi tidak akan pernah berhenti.
Hal ini dilakukan dalam iklan Soffell yang diambil dari kegiatan Off air Soffell
dan on air berlangsung, hasilnya benar respon pasar langsung merangkak naik.
Visioner, Tetap
menjadi Diri Sendiri
Soffell
merupakan merek baru yang tentu diharapkan memiliki spirit yang baru dan
identitas yang semakin baik dimata konsumen. Berkomunikasi yang baik akan
membuat produk diterima target sasaran. Malahan, iklan yang komunikatif dan
tepat sasaran, tidak hanya akan menjalin hubungan fungsional dengan konsumen,
melainkan hubungan emosional. Maka itu Soffell selalu menjaga kinerja yang baik
dan terus meningkatkannya demi mejaga pasar yang telah terjaring.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar