Perencanaan
media meliputi proses penyusunan rencana penjadwalan yang menunjukan bagaimana
waktu dan ruang periklanan akan mencapai tujuan pemasaran.
Strategi
media itu sendiri memiliki beberapa kegiatan yang saling berkaitan satu dengan
lain, yaitu:
a. Memilih
Khalayak Sasaran
Khalayak
yang dituju harus dipiktkan degan jelas, karena setiap orang memiliki
karakteristik yang berbeda-beda maka umumnya pengiklan suka membagi-bagi
penduduk ke dalam segmen konsumen dan kelompok pembeli melalui kemiripan
tertentu.
b. Memerici
Tujuan-Tujuan Media
Setiap
perusahaan biasanya memilki tujuan-tujuan organisasi tetentu yang membentuk
tujuan-tujuan pemasaran.
Umumnya
ada lima tujuan yang sangat penting dalam perencanaan media yang saling
berhubungan satu dengan lainnya:
1.
Jangkauan- mempresentasikan jumlah pelanggan sasaran yang menerima pesan
pemsanganiklan satu kali atau lebih selama periode waktu tertentu (umumnya
empat minggu).
2.
Frekuensi- jumlah awktu, sevara rata-rata dalam kurun waktu tertentu (empat
minggu) dimana para anggota audiens sasaran diekspor kepada sarana media
(melihat, membaca, atau mendengar) yang termasuk jadwal media tertentu.
3.
Bobot- untuk menghitung berapa banyak
bobot yang diperlukan untuk mencapai tujuan periklanan. Cara yang digunakan
untuk menhiyung bobot dapat dilakukan dengan mengitung Gross Rating Point.
4.
Keberlanjutan- meliputi bagaimana periklanan dialokasikan selama ditayangkan
suatu kampanye periklanan. Sehingga lebih mengutamakan dalam membuat
penjadwalan iklan, akan dipertimbangkan dalam menentukan waktu yang pasa dalam
pemasangan iklan.
5.
Biaya- dalam melakukan kegiatan periklan setiap tindakan yang diputuskan akan
membutuhkan dana, maka itu dalam mebuat suatu iklan akan dipertimbangkan untuk
membuat iklan dengan kreatif namun menggunakan dana secara efisien dan efektif.
c. Memilih
Media dan Sarananya
Media
adalah saluran-saluran komunikasi yang menyampaikan pesan-pesan pengiklan ke
khalayaknya, media yang paling sering digunakan adalah televisi, radio,
reklame, dan tempat transit serta internet mulai memasuki pasar.
Sarana
adalah program-program siaran tertentu atau pilihan-pilihan cetakan dimana
iklan akan ditempatkan, umumnya sarana yang digunakan memiliki karakteristik
dan keunggulan yang unik.
Tradeoff
Sangatlah
penting bila merek dari sutu produk iuntuk diingat oleh seorang konsumen maka
dalam melakukan periklanan produk harus memiliki keunikan tersendiri atau
memiliki nilai guna yang baru untuk kensomen.
Perangkat
Lunak Perencanaan Media
Ada
langkah-langkah yang perlu diikuti untuk untuk melakukan pengembangan media (
dengan program ADplus):
1. Pemakai
harus mengembangkan suatu media database.
2. Harus
melakukan pemilihan criteria untuk optimisasi jadwal.
3. Pemakai
juga harus menentukan kendala. (kendala anggaran, kendala sarana dan lain-lain)
4. Ketika
langkah satu hingga tiga telah terpenuhi maka langkah selanjutnya adalah
mencari jadwal media yang optium secara objektif sehingga dapat mengatasi
kendala yang akan dihadapi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar