Sabtu, 28 September 2013

Sejarah Periklanan


Awal Mula Periklanan
THE WORD OF MOUTH- merupakan awal mula kegiatan periklanan zaman peradabab Yunani Kuno dan Romawi Kuno
Iklan dilakukan dalam PESAN Berantai

Contoh: awal mula terciptakanya pizza, orang Itali mencari roti dengan harga murah karana pada zaman tersebut roti dapat dikatakan cukup mahal. Kemudian terciptalah Pizza. Dari mulut ke mulut karena rasa pizza yang enak, akhirnya pizza menjadi terkenal.

Awal Mula Fungsi dari iklan
  • Membantu kelancaran jual beli dalam masyrakat, karena belum ada huruf, maka masih menggunakan sistem barter.
  •   Iklan juga dipakai dalam kepentingan yang berkaitan dengan budak, budak-budak yang lari dari majikannya atau dari tuannya akan dicari  melalui iklan. Contoh: di Amerika Serikat budak yang kabur dari tuannya dicari melalu iklan, karena ditubuh dari budak sudah ada tatto atau tanda panas yang menunjukan ia adalah seorang budak.
  •   Iklan juga digunakan dalam melakukan jula beli obat. Pada zaman tersebu, Romawi Kuno iklan dalam bentuk stempel batu yang digunakan para dukun untuk menjula obat-obatan. Contoh: Chloron Budak Belian Hijau “Obat Paling Menjawab dan Tidak Terkalahkan” (ditemukan oleh T.Vidaius Ariaversus)

Contemporary Advertising

Iklan sebagai bagian dari kegiatan ekonomi mengalamiperkembangan berevolusi dalam 5 tahap:
1.      Pre-industrial Era (awal abad ke 19)
2.      Industrializing Era (1700-perang Dunia 1)
3.      Industrial Era (1940-1970)
4.      Post-Industrial Era (1980-1990)
5.      Global Interaractive Era (abad 21)
Penjelasan:
1.      Pre-industrial Era (awal abad ke 19)
a.       Pemilik barang banyak menggunakan tanda-tanda atau simbol-simbol dipahat dan dipasang didepan toko-toko.
b.      Beberapa perkembang penting yang mempengaruhi lahirnya iklan moderen:
a.       Ditemukan kertas di Cina (1450)
b.      Ditemukan mein cetak oleh Johann Gutenberg (1450)
c.       Muncul format iklan poster dan selebaran.
d.      Surat kabar sebagai media massa pertama periklanan.
e.       Tahin 1700 an populasi di dunia semakin besar, volume iklan semakin besar.
2.      Industrializing Era (1700-perang Dunia 1)
a.    Revolusi Industri (Inggris)- penggunaan mesin-mesin untuk produk massal yang dengan kualitas seragam.
b.    Pemasaran barang mulai diperlakukan untuk menghindari penumpukan hasil produksi.
c.    Periklanan menjadi alat publikasi- produsen mulai melihat keuntungan beriklan dimedia masssa untuk menstimulasikan permintaan konsumen.
d.   Perkembangan teknologi setelah revolusi Inggris membawa perubahan besar dalam dunia periklanan.
e.    Fotografi menambahkan kredibilitas dan dunia baru kreativitas iklan dan teknologi komunikasi (telegraf, telephone, photograph dan film).

3.      Industrial Era (1940-1970)
a.       Ditandai denga perkembangan besar dan kedewasaan besar dari negara-negara berbasis industri.
b.      Amerika pasar komoditi menjadi semakin luas, psar-pasar baru banyak dikembangakan, marek-merek berang mewwah dengan harga mahal bermunculan (consumer package goods)
c.       Pabri mulai mengalahkan orientasi produksi ke orientasi penjualan. Dengan fokus pada perkembangan produk baru, penguatan kekuatan penjualan, pemasaran dan pelabelan barang dan terlihat dalam periklanan berskala internasional.
d.      Ditemukan radio dan tetevisi yang menjadi sarana komunikasi massa dan televisi (1941) merupakan ekpansi media paling  besar. Setelah Perang Dunia ke II iklan dimedia televisi berkembang cepat dan terus memantapakan diri sebagai media periklanan terbesar.
e.       Konsumen berusaha menaikan status sosialnya dengan mengkonsumsi barang-barang moderent.
f.       Iklan memasuki era keemasan
g.      Kreatif iklan berevolusi fokus pada keistimewaan produk dengan gaya hidup, penerimaan sosial, kemewahan dan kesuksesan.

4.      Post-Industrial Era (1980-1990)
a.       Untuk pertama kalinya manusia sadar akan lingkungan yang sensitif dimana ia tinggal dan mulai ketakutan pada ketergantungan terhadap sumber daya alam.
b.      Iklan- iklan mengklaim bahwa produknya ramah lingkungan. Munculnya iklan korporat untuk mengkampanyekan sadar sosial dan lingkungan.

5.      Global Interaractive Era (abad 21)
a.       Berkembanganya teknologi baru  membawa pengaruh yang besar industri periklanan. Dengan munculnya televisi kabel, satelit dan internet. Menjadikan manusia semakin spesifik dalam mengkonsumsi media.
b.      Kondisi ini dimanfaatkan oleh pengiklanan dan pekerja iklan masuk dengan pendekatan secara pribadi dan vis a vis.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar