Awal Mula Periklanan
THE
WORD OF MOUTH- merupakan awal mula kegiatan periklanan zaman peradabab Yunani
Kuno dan Romawi Kuno
Iklan
dilakukan dalam PESAN Berantai
Contoh:
awal mula terciptakanya pizza, orang Itali mencari roti dengan harga murah
karana pada zaman tersebut roti dapat dikatakan cukup mahal. Kemudian
terciptalah Pizza. Dari mulut ke mulut karena rasa pizza yang enak, akhirnya
pizza menjadi terkenal.
Awal
Mula Fungsi dari iklan
- Membantu kelancaran jual beli dalam masyrakat, karena belum ada huruf, maka masih menggunakan sistem barter.
- Iklan juga dipakai dalam kepentingan yang berkaitan dengan budak, budak-budak yang lari dari majikannya atau dari tuannya akan dicari melalui iklan. Contoh: di Amerika Serikat budak yang kabur dari tuannya dicari melalu iklan, karena ditubuh dari budak sudah ada tatto atau tanda panas yang menunjukan ia adalah seorang budak.
- Iklan juga digunakan dalam melakukan jula beli obat. Pada zaman tersebu, Romawi Kuno iklan dalam bentuk stempel batu yang digunakan para dukun untuk menjula obat-obatan. Contoh: Chloron Budak Belian Hijau “Obat Paling Menjawab dan Tidak Terkalahkan” (ditemukan oleh T.Vidaius Ariaversus)
Contemporary Advertising
Iklan
sebagai bagian dari kegiatan ekonomi mengalamiperkembangan berevolusi dalam 5
tahap:
1. Pre-industrial
Era (awal abad ke 19)
2. Industrializing
Era (1700-perang Dunia 1)
3. Industrial
Era (1940-1970)
4. Post-Industrial
Era (1980-1990)
5. Global
Interaractive Era (abad 21)
Penjelasan:
1. Pre-industrial
Era (awal abad ke 19)
a. Pemilik
barang banyak menggunakan tanda-tanda atau simbol-simbol dipahat dan dipasang
didepan toko-toko.
b. Beberapa
perkembang penting yang mempengaruhi lahirnya iklan moderen:
a. Ditemukan
kertas di Cina (1450)
b. Ditemukan
mein cetak oleh Johann Gutenberg (1450)
c. Muncul
format iklan poster dan selebaran.
d. Surat
kabar sebagai media massa pertama periklanan.
e. Tahin
1700 an populasi di dunia semakin besar, volume iklan semakin besar.
2. Industrializing
Era (1700-perang Dunia 1)
a. Revolusi
Industri (Inggris)- penggunaan mesin-mesin untuk produk massal yang dengan
kualitas seragam.
b. Pemasaran
barang mulai diperlakukan untuk menghindari penumpukan hasil produksi.
c. Periklanan
menjadi alat publikasi- produsen mulai melihat keuntungan beriklan dimedia
masssa untuk menstimulasikan permintaan konsumen.
d. Perkembangan
teknologi setelah revolusi Inggris membawa perubahan besar dalam dunia
periklanan.
e. Fotografi
menambahkan kredibilitas dan dunia baru kreativitas iklan dan teknologi
komunikasi (telegraf, telephone, photograph dan film).
3. Industrial
Era (1940-1970)
a. Ditandai
denga perkembangan besar dan kedewasaan besar dari negara-negara berbasis
industri.
b. Amerika
pasar komoditi menjadi semakin luas, psar-pasar baru banyak dikembangakan,
marek-merek berang mewwah dengan harga mahal bermunculan (consumer package
goods)
c. Pabri
mulai mengalahkan orientasi produksi ke orientasi penjualan. Dengan fokus pada
perkembangan produk baru, penguatan kekuatan penjualan, pemasaran dan pelabelan
barang dan terlihat dalam periklanan berskala internasional.
d. Ditemukan
radio dan tetevisi yang menjadi sarana komunikasi massa dan televisi (1941)
merupakan ekpansi media paling besar.
Setelah Perang Dunia ke II iklan dimedia televisi berkembang cepat dan terus
memantapakan diri sebagai media periklanan terbesar.
e. Konsumen
berusaha menaikan status sosialnya dengan mengkonsumsi barang-barang moderent.
f. Iklan
memasuki era keemasan
g. Kreatif
iklan berevolusi fokus pada keistimewaan produk dengan gaya hidup, penerimaan
sosial, kemewahan dan kesuksesan.
4. Post-Industrial
Era (1980-1990)
a. Untuk
pertama kalinya manusia sadar akan lingkungan yang sensitif dimana ia tinggal
dan mulai ketakutan pada ketergantungan terhadap sumber daya alam.
b. Iklan-
iklan mengklaim bahwa produknya ramah lingkungan. Munculnya iklan korporat
untuk mengkampanyekan sadar sosial dan lingkungan.
5. Global
Interaractive Era (abad 21)
a. Berkembanganya
teknologi baru membawa pengaruh yang
besar industri periklanan. Dengan munculnya televisi kabel, satelit dan
internet. Menjadikan manusia semakin spesifik dalam mengkonsumsi media.
b. Kondisi
ini dimanfaatkan oleh pengiklanan dan pekerja iklan masuk dengan pendekatan
secara pribadi dan vis a vis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar