Seorang Bapak Periklaan David Ogilvy,
mengatakan bahwa ia tidak bangga bila iklan yang ia buat dikatakan sebagai
iklan yang indah dan kreatif, tetapi ia akan bangga bila iklan tersebt dibaca
oleh target audiens dan si pembaca terhipnotis untuk membeli produk yang
diiklankan. Kreatif itu harus menjual di pasar, bial tidak menjual artinya
belum kreatif. Iklan yang baik bukan berarti selalu mendapatkan penghargaan
tetapi ketika iklan tersebut dapat menaikan respon pembelian dimasyarakat.
Contoh agen periklan dari Dwi Sapta yang membuat iklan sari Puspa, Vegeta, Adem
Sari dan masih banyak lagi, dari prosuk yang belum dikenal oleh masyarakat
hingga produk tersebut memiliki poitioning tersendiri di masyarakat.
Kreatif = Pemain
Badminton
Dalam
melakukan pembuatan iklan yang kreatif sama halnya dengan melalukan permainan
badminton artinya perlu batasan dan aturan dalam membuat iklan yang kreatif,
seperti keinginan dan kemauan dari klien dan pasar, sehingga dengan membuat
iklan yang sesuai pasar akan mebdapatkan respon yang maksimal dari pasar.
Kreatif bukan artinya membuat sesuai dengan keinginan hari dan kesukaan pribadi
tetapi memperhatikan konsumen atau target pasar yang mau dituju dari iklan
tesebut.
Ogilvy membuat iklan-iklan yang menjula dengan tip
sukses yang kini menjadi acuan bagi perusahaan lain iklan di seluruh dunia, tip
tersebut antara lain:
a.
Do your
homework, mempelajari mati-matian produk yang akan diiklankan.
b.
Positioning,
posisikan produk secara pas di pasar dan benak konsumen.
c.
Build brand
image dan personality, iklan harus membentuk citra merek dan personalitas merek
produk.
d.
What’s the big
idea, temuka ide besar dari prosuk yang diiklankan.
e.
Make the product
the hero, jadikan produk sebagai pahlawan bagi iklan Anda.
Konten: F&B
Advertising
Dalam
membuat isi pesan perlu memperharikan fitur dan manfaat (feature and benefit/
F&B) yang menjadi uniq selling point product yang diiklankan. Seperti yang
dilakukan oleh Dwi Sapta dalam mengiklankan fatigon. Dalam iklan tersebut dua
pesan penting yang ingin disampaikan yaitu target pasar wanita dan pengurangan
rasa capek, yaitu dengan menggunakan Indy Barends sebagai tokoh perempuan yang
ditujukan dalam iklan Fatigon.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar