Semua obat flu dilihat dari komposisinya, semuanya
sama. Tadak ada keunikan dalam penawarannya, tidak ada difenssiasi kalai
dilihat dari produknya. Itulah yang harus dihadapi Mixagrip saat mempertahankan
pasar ditenga-tengah gempuran pemain yang datang betubi-tubi.
Pasar Mapan nan
Sesak
Titik
balik Mixagrip terjadi p di perujungan 1980 an, memanfaatkan regulasi
pemerintah yang tak memperbolehkan iklan tetvisi, lalu dengan cerdas dan jeli
bermain via jalur radio disamping iklan cetak. Persisnya Mixagrip menjadi
sponsor sandiwara radio Misteri Nini Pelet. Promosi yang dilakukan lewat radio,
yang tidak dilakukan pemain lain yang membuat awareness Mixagrip meningkat,
sehingga penjual juga ikut melesat. Kendati tidak memiliki diferensiasi yang
terlampau menonjol, tetapi Mixagrip terus konsisten dengan komposisi dan
formulanya. Komposisi yang dipandang ampuh serta patuh pada regulasi yang
digariskan pemerintah, tidak lebih dan tidak kurang.
Keluar dari
Kerumunan
Bila
satu produk ingin unggul di pasar, terlebih di pasar yang diferensiasi begitu
sulit, ia harus memperlihatkan tiga dimensi: konten, inteks dan infrastuktur.
Konten menunjukan nilai apa yang diberikan satu produk atau layanan. Konteks
merupakan dimensi yang menunjukan pada cara nilai tersebut ditawarkan.
Sementara untuk infrasuktur adalah factor pemungkin terealisasikannya
diferesnsiasi onten dan konteks. Dimensi terakhir ini menunjukan kemampuan
teknologi, kapabilitas sumber daya manusia dan kepemilikan fasilitas untuk
mendukung penciptaan diferensiasi kontn serta konteks.
Pendekatan lewat lagu yang dilakuakn
sebagai bentuk diferensiasi terbukti efektif dalam endongkrak awareness dan
tingkat penjualan. Iklan Mixagrip tentu tidak lepas dari sosok Desy Ratnasari.
Keberhasilan iklan Desy dalam mengangkat penjualn Mixagrip, karena komunikasi
di Industri farmasi yang terbilang sulit, kami harus membuat komunikasi yang
kreatif, yang benar- benar mengena di hati konsumen, dan membuat sesuatu yang
berbeda dari yang lain.
Mempertahankan
Kepemimpinan
Langkah
selanjutnya untuk mempertahankan posisi Mixagrip dilakukan dengan menonjolkan
manfaat Mixagrip serta kebesaran merek sebagai pemimpin pasar. Dalam iklan
yang baru menunjukan sosok dokter yang
menjelaskan penyebab flu, berbagai jenis virus flu dan cara penebarannya. Serta
akibat yang ditimbulkan dari flu. Maka dalam iklan yang baru kembali
ditonjolkan manfaat sehingga semakin menancap di benak konsumen. Penguasa
pangsa pasar selama ini bebrapa tahun merupakan cerminan loyalitas pelangganya.
Jelas, suara mereka sudah semestinya didengar dengan sebaik-baiknya. Maka
pelayanan untuk kensumen harus tetap menjadi perhatian dan focus utama.
Memaksimalkan
Segala Lini
Iklan
obat tidak boleh dilakukan dengan sikap tidak serius atai bermain-main. Yang
namanya obat produk kesehtana dan perlu menanamkan kepercayaan kepada konsumen
bahwa produk itu save dan berkhasiat. Untuk Mixagrip berbagai jalur komunikasi
ditempuh agar konsumenmereasa semuanya terangkul dan dihargai keberadaannya.Hal
ini dilakuakn dengan pertimbangan banyaknya muncul pesaing-pesaing yang tidak
boleh dianggap ringan oleh Mixagrip, maka semua masyarakat dianggap pasar yang
sangat penting untuk dihargai dan dibangun loyalitasnya terhadap produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar