Senin, 11 November 2013

Strategi Media

Proses Perencanaan Media
Perencanaan media meliputi proses penyusunan rencana penjadwalan yang menunjukan bagaimana waktu dan ruang periklanan akan mencapai tujuan pemasaran.
Strategi media itu sendiri memiliki beberapa kegiatan yang saling berkaitan satu dengan lain, yaitu:
a.       Memilih Khalayak Sasaran
Khalayak yang dituju harus dipiktkan degan jelas, karena setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda maka umumnya pengiklan suka membagi-bagi penduduk ke dalam segmen konsumen dan kelompok pembeli melalui kemiripan tertentu.

b.      Memerici Tujuan-Tujuan Media
Setiap perusahaan biasanya memilki tujuan-tujuan organisasi tetentu yang membentuk tujuan-tujuan pemasaran.

Umumnya ada lima tujuan yang sangat penting dalam perencanaan media yang saling berhubungan satu dengan lainnya:

1. Jangkauan- mempresentasikan jumlah pelanggan sasaran yang menerima pesan pemsanganiklan satu kali atau lebih selama periode waktu tertentu (umumnya empat minggu).

2. Frekuensi- jumlah awktu, sevara rata-rata dalam kurun waktu tertentu (empat minggu) dimana para anggota audiens sasaran diekspor kepada sarana media (melihat, membaca, atau mendengar) yang termasuk jadwal media tertentu.

3. Bobot-  untuk menghitung berapa banyak bobot yang diperlukan untuk mencapai tujuan periklanan. Cara yang digunakan untuk menhiyung bobot dapat dilakukan dengan mengitung Gross Rating Point.

4. Keberlanjutan- meliputi bagaimana periklanan dialokasikan selama ditayangkan suatu kampanye periklanan. Sehingga lebih mengutamakan dalam membuat penjadwalan iklan, akan dipertimbangkan dalam menentukan waktu yang pasa dalam pemasangan iklan.

5. Biaya- dalam melakukan kegiatan periklan setiap tindakan yang diputuskan akan membutuhkan dana, maka itu dalam mebuat suatu iklan akan dipertimbangkan untuk membuat iklan dengan kreatif namun menggunakan dana secara efisien dan efektif.

c.       Memilih Media dan Sarananya
Media adalah saluran-saluran komunikasi yang menyampaikan pesan-pesan pengiklan ke khalayaknya, media yang paling sering digunakan adalah televisi, radio, reklame, dan tempat transit serta internet mulai memasuki pasar.
Sarana adalah program-program siaran tertentu atau pilihan-pilihan cetakan dimana iklan akan ditempatkan, umumnya sarana yang digunakan memiliki karakteristik dan keunggulan yang unik.

Tradeoff
Sangatlah penting bila merek dari sutu produk iuntuk diingat oleh seorang konsumen maka dalam melakukan periklanan produk harus memiliki keunikan tersendiri atau memiliki nilai guna yang baru untuk kensomen.
Perangkat Lunak Perencanaan Media
Ada langkah-langkah yang perlu diikuti untuk untuk melakukan pengembangan media ( dengan program ADplus):
1.      Pemakai harus mengembangkan suatu media database.
2.      Harus melakukan pemilihan criteria untuk optimisasi jadwal.
3.      Pemakai juga harus menentukan kendala. (kendala anggaran, kendala sarana dan lain-lain)
4.      Ketika langkah satu hingga tiga telah terpenuhi maka langkah selanjutnya adalah mencari jadwal media yang optium secara objektif sehingga dapat mengatasi kendala yang akan dihadapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar